Sejarah Korea Selatan

Diposting oleh harry on Sabtu, 21 September 2013

Travel Lovers... Yuk kita belajar Sejarah Korea... Untuk yang mau Lihat paket Tour Korea , Silahkan Klik Link nya di Artikel dibawah 

Sejarah Korea tanggal kembali ke 2333 SM Bagian ini mengikuti sejarah Korea dari masa prasejarah sampai zaman modern .

The Age Prasejarah

Temuan arkeologi telah menunjukkan bahwa pemukiman pertama di Semenanjung Korea terjadi 700.000 tahun yang lalu .

Gojoseon (2333 - 108 SM )

Menurut legenda , sosok mitos Dan -gun mendirikan Gojoseon , Kerajaan Korea pertama , tahun 2333 SM . Selanjutnya , beberapa suku pindah dari bagian selatan Manchuria ke Semenanjung Korea.

ini Link yang bisa masuk ke Paket Tour Korea,
2. Tour ke Korea 15-21 November 2013

Tiga Kerajaan Periode ( 57 SM - 676 M)

Tiga Kerajaan Periode mengacu pada periode dari awal abad ke-4 untuk mid - 7 CE ditandai dengan perjuangan tiga kerajaan saingan ( Goguryeo , Baekje , dan Silla ) atas wilayah yang mencakup Semenanjung Korea dan bagian dari Northeastern Asia.

Goguryeo

Sebuah negara kuno di semenanjung Korea , Goguryeo menduduki wilayah terbesar antara Tiga Kerajaan . Didirikan pada 37 SM oleh Jumong (kemudian menjadi Raja Dongmyeong ) , Goguryeo makmur pada daerah yang luas meliputi bagian utara Semenanjung Korea dan Manchuria selatan-tengah . Kerajaan memperluas wilayahnya dalam pertempuran sengit melawan kerajaan Cina, tapi jatuh ke satu aliansi Silla dan Tang pada 668 CE .

Silla

Silla awalnya didirikan oleh King Park Hyeokgeose di bagian tenggara Semenanjung Korea. Kerajaan berlangsung selama 992 tahun, dari 57 SM sampai 935 Masehi itu menaklukkan Baekje dan Goguryeo , satu demi satu , dengan bergabung dengan Kekaisaran Tang dari Cina . Setelah penyatuan Three Kingdoms , Kekaisaran Tang tidak lagi dilihat sebagai sekutu , namun penyerang . Silla bergabung dengan orang-orang dari Goguryeo dan Baekje untuk mengusir pasukan Tang , dan mendirikan negara kesatuan pertama dalam sejarah Korea di wilayah selatan Sungai Daedonggang dan Wonsanman .


Baekje

Baekje ( 18 SM - 660 M) didirikan oleh Raja Onjo , putra raja Goguryeo , di bagian barat daya Semenanjung Korea . Kerajaan menyaksikan berbunga dari budaya Baekje elegan dan halus , yang terutama dipengaruhi budaya Jepang . Pada 660 CE , Baekje dikalahkan oleh pasukan koalisi Silla dan Tang dari Cina .



Unified Silla ( 676-935 )

Unified Silla Kerajaan mendorong pengembangan budaya dan seni , dan popularitas Buddhisme mencapai puncaknya selama periode ini . Unified Silla Raya menurun karena pertentangan untuk supremasi antara kelas mulia, dan dianeksasi oleh Goryeo di 935 .


Balhae ( 698-926 )

The Balhae Raya mulai muncul sama seperti Goguryeo Raya berada di ambang runtuh . Goguryeo Umum Dae Joyeong didirikan Balhae bersama pasukannya masyarakat pengungsi . Pada satu titik , Balhae menjadi begitu kuat sehingga mampu memperoleh wilayah yang hilang dari Goguryeo dan bahkan wilayah di bagian utara dan timur Cina . Pada waktu itu, Dinasti Tang dari Cina disebut Balhae sebagai " Haedongseongguk " atau " negara yang kuat oleh laut di sebelah timur . " Pada 926 , Balhae hancur karena suku Georan .


Dinasti Goryeo (918 - 1392)

Dinasti Goryeo didirikan pada 918 oleh Raja Wang Geon . Buddhisme menjadi agama negara selama ini dan sangat dipengaruhi politik dan budaya . Item terkenal yang diproduksi selama ini termasuk Goryeo celadon dan Daejanggyeongpan , Tripitaka Koreana ( memori dari Register Dunia ) . Pertama bergerak jenis logam dunia dikembangkan di Korea pada masa Dinasti Goryeo . Jikjisimcheyojeol , sebuah kitab suci Buddha dicetak dengan menggunakan jenis logam , setidaknya 78 tahun lebih tua daripada yang pertama Alkitab Gutenberg . Kekuatan Dinasti Goryeo menurun secara bertahap di paruh kedua abad ke-14 dan akhirnya meninggal karena revolusi dinasti .


Dinasti Joseon (1392 - 1910)

Dinasti Joseon dibentuk pada akhir abad ke-14 . Goryeo Jenderal Lee Sung - gye dibawa turun Goryeo untuk menemukan Joseon , dan ditunjuk sebagai ibukota Seoul . Konfusianisme menjadi ideologi negara dan diberikan pengaruh besar atas seluruh masyarakat . Hangeul , alfabet Korea , diciptakan tahun 1443 pada masa pemerintahan Raja Sejong .


Orang Jepang Zaman Kolonial (1910 - 1945)

Pada tahun 1876 , Dinasti Joseon dipaksa oleh Jepang untuk mengadopsi kebijakan pintu terbuka . Kemudian , pada tahun 1910 , Jepang menyimpulkan pencaplokannya atas Korea . Korea menderita di bawah penjajahan Jepang sampai akhir Perang Dunia II , dengan penyerahan Jepang pada tahun 1945 .


Pembentukan Pemerintah Korea (1945-1948)

Korea dibebaskan dari penjajahan Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, tapi segera menghadapi divisi tragis Utara dan Selatan sepanjang 38 derajat Lintang Utara . Kedua wilayah ditempatkan di bawah pemerintahan militer sementara oleh AS dan tentara Soviet , masing-masing. Pada tanggal 10 Mei 1948, dengan bantuan dari PBB , Korea Selatan terpilih Dr Rhee Syngman sebagai presiden pertama . Pada tanggal 15 Agustus tahun yang sama , deklarasi resmi mengumumkan kelahiran pemerintah Korea Selatan . Di utara , Korea Utara membentuk Komite Rakyat Sementara untuk Korea Utara , dipimpin oleh Kim Il - sung , pada bulan Februari 1946. Pada tanggal 9 September 1948, Republik Demokrasi Rakyat Korea resmi didirikan .


Perang Korea (1950-1953)

Pada dini hari 25 Juni 1950, Korea Utara mencoba melakukan unifikasi paksa Korea Utara dan Selatan dengan menyeberangi paralel ke-38 dan menyerang Korea Selatan . Bantuan militer dari lebih 16 negara di bawah pimpinan PBB Panglima Douglas MacArthur membantu membela Korea Selatan melawan ancaman komunisme . Cina dan Uni Soviet meminjamkan kekuatan militer mereka ke Korea Utara . Perang berlanjut selama tiga tahun ke depan hingga segera berakhir pada tanggal 27 Juli 1953, dengan gencatan senjata ditandatangani di Panmunjeom , terletak di DMZ . Tidak hanya perang merusak Semenanjung , juga meningkat perasaan bermusuhan antara Utara dan Selatan , membuat reunifikasi tugas yang sulit .


Paska Perang (1954 - Sekarang)

Dimulai pada tahun 1954 , Syngman Rhee Pemerintah difokuskan pada pengembangan politik anti - komunis . Pada tahun 1960 , siswa ditempa gerakan anti - pemerintah, 4,19 Revolusi melawan sah pro - merindukan pemerintahan Rhee Syngman Pemerintah , dan terbalik pemerintah . Pada tanggal 23 Juli 1960, UU Pemilu yang baru disahkan , dan Yun Bo - seon terpilih sebagai presiden . Namun, Pemerintah Bo - seon Yun digulingkan oleh sebuah kudeta militer pada tanggal 16 Mei 1961.

Pada tahun 1963 , presiden akting , Park Chung - hee secara resmi terpilih sebagai presiden , dan memerintah dengan tangan besi kontroversial selama 17 tahun mendatang. Presiden Park Chung - hee ' Saemaeul Saemaul ' ( Gerakan Masyarakat Baru , upaya untuk memodernisasi Korea yang mulai pada tahun 1970 ) membawa banyak kemajuan di Korea Selatan , dan pendekatan sistematis untuk pembangunan ekonomi juga menghasilkan peningkatan ekspor dan kembali positif .

Namun, karena pengaruh warga yang menentang pemerintahan diperpanjang tersebut dan gerakan demokrasi mulai meningkat dalam kekuasaan , pemerintahan Park Chung - hee akhirnya berakhir dengan pembunuhan pada tahun 1979 . Choi Kuy - hah , menjabat sebagai perdana menteri di era Park , menjadi presiden Korea Selatan setelah kematian Park . Tapi , dia meninggalkan kantor setelah delapan bulan akibat tekanan dari kekuatan politik yang diselenggarakan oleh Chun Doo - hwan dan mitra politiknya . Pada tahun 1980 , Chun Doo - hwan datang ke daya dan terus memimpin bangsa dengan pemerintahan otoriter , seperti yang telah terjadi dengan mantan presiden . Pada akhirnya , ia menerima amandemen konstitusi menciptakan sistem pemilihan presiden langsung sesuai dengan keinginan bangsa terungkap melalui gerakan demokratis dan mundur dari politik pada tahun 1988 seperti tahun lalu di presiden .

Pada tahun 1988, Roh Tae - woo pemerintah mulai tahun itu pada catatan yang baik dengan berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade Seoul 1988 . Pemerintahannya pergi untuk bergabung dengan PBB pada tahun 1991 .

Kim Young- sam Pemerintah , yang dimulai pada tahun 1993 , menerapkan sistem baru di mana orang diminta untuk menggunakan nama asli mereka saat melakukan transaksi keuangan , yang sangat dibutuhkan reformasi pada saat itu .

Pada tahun 1998 , Kim Dae - jung terpilih sebagai presiden . Ia melemparkan usahanya dalam mengatasi bencana keuangan IMF yang melanda Asia pada tahun 1997 , dan juga menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA ke-17 pada tahun 2002. Presiden Kim Dae - jung juga merupakan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2000 untuk Sunshine Policy -nya tentang Korea Utara .

The Roh Moo - hyun Administrasi , yang datang ke kantor pada tahun 2003 , bercita-cita untuk menjadi pemerintah partisipatif di mana keterlibatan publik memainkan peran kunci . Hasil kunci dari Administrasi Roh termasuk kebijakan sumber daya manusia menargetkan orang-orang muda dan berpikiran terbuka , likuidasi otoritarianisme , dan pertumbuhan masyarakat sipil . Yang kedua KTT putaran antara Korea Selatan dan Korea Utara juga berlangsung di bawah pemerintahannya .

Presiden Lee Myung-bak menjabat pada tahun 2008 sebagai presiden ke-17 . Pemerintahannya mengejar perubahan dan pragmatisme , dan secara aktif melakukan privatisasi perusahaan publik dan bagian dari Perjanjian Perdagangan Bebas ( FTA ) . Administrasi berhasil menyelenggarakan G20 Seoul Summit , KTT Keamanan Nuklir , dan peristiwa besar lainnya .

Di Korea Utara , Kim Jong - il meninggal pada bulan Desember 2011 setelah 17 tahun berkuasa . Putranya Kim Jong - un mengambil alih kekuasaan .

Sejak penandatanganan pernyataan bersama Utara-Selatan mengenai reunifikasi Semenanjung Korea pada 4 Juli 1972, Korea Selatan dan Utara terus upaya mereka menuju hidup berdampingan damai dan reunifikasi , termasuk pembukaan Korea Utara Geumgang Mountain wisatawan Korea Selatan di 1998 , dan dua putaran pertemuan KTT Selatan - Utara pada tahun 2000 dan 2007 .

Pada tanggal 25 Februari 2013, Taman Geun - hye mengambil sumpah dan diresmikan sebagai presiden ke-18 dari Korea . Dia adalah presiden perempuan pertama sejak berdirinya pemerintah Korea . Dia juga merupakan putri dari 5, 6 , 7 , 8, 9 presiden , Park Chung - hee . The Park Geun - hye Pemerintah menempatkan prioritas utama pada pembentukan perdagangan yang adil serta reformasi politik , legislatif, dan penuntutan . Hal ini juga berfokus pada mengurangi utang rumah tangga , mengembangkan langkah-langkah untuk menangani pengangguran kaum muda , dan meningkatkan kesejahteraan .
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Sejarah Korea Selatan ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://tourmuslim-korea.blogspot.com/2013/09/sejarah-korea-selatan.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar